SOSIALISASI KOMUNIKASI EFEKTIF

Posted on Posted in news

SOSIALISASI KOMUNIKASI EFEKTIF DI RSUD GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan yang sesuai dengan standar akreditassi, RSUD Dr Bob Bazar SKM mengadakan pelatihan mengenai sosialisasi komunikas yang efektif di bulan Oktober 2018.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh jajaran staf RSUD guna mendapat pencerahan tentang bagaimana cara komunikasi yang efektif, tepat dan benar kepada pasien khususnya dan masyarakat umumnya. Komunikasi efektif dalam bidang pelayanan rumah sakit memiliki tingkat kompleksitas yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan komunikasi yang terlibat sangat banyak, informasi yang dibutuhkan sangat banyak, serta menyangkut dengan emosi pasien/keluarga pasien, dan petugas kesehatan yang cukup tinggi.

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. proses komunikasi efektif artinya proses dimana komunikator dan komunikan saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan. Sederhananya,  komunikasi efektif adalah proses komunikasi dimana komunikan mengerti apa yang disampaikan dan melakukan apa yang komunikator inginkan.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala seseorang untuk berkomunikasi, diantaranya:

  • Takut berkomunikasi
  • Merasa tidak perlu
  • Merasa tidak percaya diri
  • Merasa sudah berkomunikasi dengan baik
  • Kesalahan membuka pembicaraan “stupid question

Beberapa kemungkinan dampak kesalahan komunikasi di rumah sakit yang dapat mengakibatkan masalah, diantaranya:

  1. Kesalahan antara petugas kesehatan dapat mengakibatkan kesalahan tindakan yang berakibat pada kecacatan bahkan meningal. Oleh karena itu seluruh proses komunikasi yang terjadi wajib di catat sehingga komunikasi semakin terjamin dan terlindungi dari tuntutan hukum.
  2. Dalam hal pelayanan personal kesalahan berkomunikasi dapat mengakibatkan konflik dan berujung pada gugatan / tuntutan hukum.

Untuk itu guna meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan profesionalitas dalam berkomunikasi maka RSUD menganggap perlu digalakan sosialisasi komunikasi efektif sesuai dengan standar nasional akreditasi rumah sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *